Jual Lantai Kayu – Vinyl Floor – Parket Indonesia

Home > Perawatan
  • 7

Perawatan Laminate Flooring (Lantai Kayu)

  1. Untuk membersihkan Laminate Flooring dapat menggunakan sapu yang berbahan lembut, karena walaupun Laminate Flooring tersebut anti gores, tidak menutup kemungkinan terjadi goresan akibat kesalahan memilih sapu yang berbahan keras dan tajam.  Selain itu apabila pembersihan dilakukan dengan vacuum cleaner, pergunakan sikat yang lembut pada vacuum cleaner agar lantai terhindar dari goresan. Bersihkan lantai dengan vacuum cleaner 1 atau 2 kali seminggu.
  2. Sebaiknya menghindari Laminate Flooring dari air maupun area yang rawan basah karena  apabila air meresap sampai ke dalam material kayu (HDF) dapat menyebabkan kerusakan. Apabila Laminate Flooring tersebut terkena air maka harus segera dibersihkan dengan lap, lalu keringkan. Apabila terlalu lama tidak dibersihkan dapat mengakibatkan air menembus celah sambungan lantai dan lama-kelamaan akan menembus lapisan wax yang akhirnya terkena material kayu (HDF) sehingga dapat mengakibatkan material tersebut mengembang (memuai) dan rusak bahkan terkena/dimakan rayap.
  3. Pada saat membersihkan lantai kayu, pergunakanlah lap yang kering ataupun hanya lembab saja (dianjurkan untuk menggunakan lap kanebo/chamois). Air dari lap basah dapat meresap ke dalam celah sambungan Laminate Flooring yang mengakibatkan kerusakan. Bila ada kerusakan yang disebabkan oleh air, kemungkinan akan sangat sulit memperbaikinya bahkan tidak dapat diperbaiki (harus diganti).
  4. Jangan menggeser furniture berbeban berat maupun yang berkaki tajam di atas Laminate Flooring (kecuali yang memiliki alas berbahan tumpul atau karet). Pergunakan alas yang lembut seperti lap atau handuk pada bagian bawah furniture saat hendak memindahkannya, hal ini menghindarkan terjadinya goresan pada lantai.
  5. Pergunakan keset pada tiap-tiap akses keluar-masuk ruangan untuk mengurangi kotoran yang dibawa oleh sepatu.

*) Cara termudah untuk memperbaiki goresan yang mungkin timbul adalah dengan menyamarkannya dengan lilin lantai (floor wax).

Cara melakukan proses waxing (polish) :

  1. Bersihkan area tergores lebih dulu dengan lap/vacuum lalu bubuhkan floor wax pada lap bersih
  2. Usapkan pada lantai dengan gerakan melingkar untuk menyamarkannya.
  3. Ambil kain bersih lainnya dan ratakan floor wax.
  4. Pastikan tidak ada bekas lilin yang tersisa di area yang diusapkan.

Perawatan Vinyl Floor (Lantai Vinyl)

  1. Lantai dibersihkan dari debu dan di pel dengan air bersih setiap hari.
  2. Dapat dibersihkan dan di pel dengan memakai obat pel maupun pewangi.
  3. Dapat dilakukan polish dengan memakai Wax Strip dan Homogen Polish apabila lantai terlihat kusam / kotor pada lapisan  atas Lantai Vinyl.
  4. Apabila Lantai Vinyl terkena cairan (misal: sirup, kopi, teh, dll.), bersihkan cairan tersebut secepat mungkin (seka dengan kain pel / tissue / lap) untuk menghilangkan bercak / flek permanen.
  5. Cara perawatan yang teratur dan benar akan menghasilkan Lantai Vinyl yang bersih, mengkilap, terawat, dan awet.