Jual Lantai Kayu – Vinyl Floor – Parket Indonesia

Home > News > Mengenal Jenis-Jenis Lantai Paling Disukai

News

Mengenal Jenis-Jenis Lantai Paling Disukai

Ada berbagai jenis lantai yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Fungsi utama penggunaan lantai adalah sebagai alas pijakan kaki sehingga memberi kenyamanan ketika Anda berjalan dan beraktifitas di atasnya.
Lantai juga termasuk salah satu dari bagian penting dari desain interior jadi harus dipikirkan dengan baik material apa yang paling tepat untuk digunakan dan bagaimana merawatnya. Berikut ini adalah beberapa jenis lantai dan tips untuk perawatannya.

1. Lantai Kayu / Parket
Banyak orang beranggapan lantai kayu /parket sangat sulit perawatannya dan biayanya mahal. Padahal dengan cara yang benar, lantai kayu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi ruang huni Anda. Lantai kayu menawarkan keanggunan alami dari tampilan kayu dengan pilihan warna yang bervariasi. Selain itu lantai kayu sangat cocok digunakan untuk kamar tidur untuk memberikan suasana hangat dan intim pada ruangan.
Cara perawatannya, lakukan pemeliharaan rutin seperti membersihkan menggunakan sapu atau vacuum cleaner agar sisa debu atau kotoran tidak menjadi noda yang menempel di sela-sela sambungan parket. Hindari membersihkan lantai kayu dengan kain pel yang basah karena akan bisa merusak jika air masuk ke dalam sambungan lantai kayu, Cara terbaik adalah dengan menggunakan kanebo yang lembab sehingga lantai kayu lebih aman dari masuknya air ke dalam sela-sela parket.

2. Lantai Vinyl
Dibanding lantai kayu, lantai vinyl lebih mudah dalam perawatannya, dengan material yang anti air membuat kita tidak perlu pusing dalam membersihkanya.
Cara perawatannya, lakukan pemeliharaan seperti biasanya bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner, untuk lantai vinyl masih aman jika ingin mengepel menggunakan kain pel basah.

3. Lantai Marmer
Lantai marmer adalah salah satu lantai yang mengesankan kemewahan. Selain warna dan motif yang bervariasi, harganya pun bisa terbilang sangat mahal.
Kelebihannya lantai marmer adalah lebih tahan api dan juga mampu menahan beban berat. Tapi kelemahan utamanya, jika terkena cairan berwarna (kopi, teh, tinta) akan meresap dan sulit dihilangkan. Marmer juga bisa berlumut jika terkena cahaya matahari terus menerus.
Untuk perawatannya agar selalu cemerlang, lantai marmer harus dirawat dengan perawatan seperti poles marmer dan poles teraso. Tentunya dengan biaya yang tak murah. Tips jika ingin perawatan lantai marmer yang lebih murah yaitu, pertama pel lantai dengan cairan pembersih lantai. Setelah kering, oleskan dengan krim yang biasa digunakan untuk memoles bodi mobil ke seluruh permukaan lantai marmer. Tunggu beberapa saat agar krim poles itu meresap. Setelah dirasa cukup meresap, gosok lantai marmer dengan sabut cuci piring (spons yang berwarna hijau) sampai krim benar-benar hilang. Bersihkan bekas krim dengan sapu, lalu bersihkan dengan lap.

4. Lantai Keramik
Lantai keramik merupakan material lantai yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia saat ini karena sifatnya yang cocok dengan iklim Indonesia. Beragam pilihan warna, ukuran, dan motif keramik ada di pasaran dengan harga yang beragam pula. Pengerjaannya murah dan perawatannya mudah, jika terkena cairan atau kotoran juga tidak membekas. Untuk ruangan yang sering terkena air seperti kamar mandi sebaiknya menggunakan keramik dengan tekstur yang kasar untuk lantainya, sedangkan di dinding bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.
Cara perawatannya mudah dan berikut ini adalah beberapa tips agar lantai keramik Anda selalu bersih, mengkilap, terawat, dan enak dilihat. Lantai keramik harus rajin disapu saat kotor, menghindari butiran pasir tajam yang dapat menyebabkan goresan di permukaan keramik. Lakukan pengepelan secara rutin. Pengepelan menggunakan air bersih saja atau ditambah obat pel lantai bila perlu, jika terlalu banyak akan meninggalkan sisa deterjen yang bersifat lengket dan mempercepat kotoran menempel kembali. Hindari pembersih lantai dengan kandungan asam atau acid tinggi yang akan membuat lapisan glazur keramik terkikis dan tidak mengkilat lagi. Gunakan pel dengan daya serap tinggi, dan untuk keramik di luar ruangan (teras) yang terpapar sinar matahari dan air hujan harus sering-sering dibersihkan. Jika ada kerak segera bersihkan dengan menggunakan obat pembersih yang mengandung acid tidak terlalu tinggi setelah itu bilas dengan air dan keringkan.